Selasa, 12 Agustus 2014

“Langkah Buka Konter Teknisi Servis Ponsel”

Potensi Bisnis Seluler 
 

TTD N0 96/ thn IV 28 Feb-13 Mrt 2007
POTENSI BISNIS SELULER
“Langkah Buka Konter Teknisi Servis Ponsel”

Apa alasan anda memilih kegiatan usaha jasa teknisi servis ponsel disamping konter / kios seluler yang telah anda miliki? Melalui observasi yang dilakukan, kemudian mencermati setiap konter yang melakukan usaha seluler sebagian besar mereka hanya melayani penjualan pulsa isi ulang, voucher perdana, aksesoris ponsel dan Hp. Sedang untuk pelayanan servis dan perbaikan ponsel rusak/ bermasalah belumlah banyak yang melakukan karena memerlukan pengetahuan dan keterampilan (skill) serta peralatan servis. Konter-konter jasa pelayanan perbaikan hanya sebatas menerima order, sedangkan perbaikannya dilakukan oleh pihak lain. Karena belum banyak, berarti peluang usaha bagi anda untuk membuka konter servis. Dengan usaha konter servis ponsel, anda dapat meningkatkan pelayanan sambil menjual suku cadang, aksesoris servis dan jual-beli hp seken. Yang tentunya, ujung-ujungnya tambahan duit masuk.
Modal dan anggaran
Dana awal yang harus anda persiapkan adalah untuk biaya perabot, meja kursi kerja dan rak alat, kemudian peralatan teknik servis dan reparasi bidang hardware dan software serta perangkat administrasi seperti pembukuan income harian, notabon, bon servis dan kuitansi. Maka modal awal anda sekitar Rp. 10.000.000,- .
Nah, apa saja biaya pengeluaran bulanan anda? Diawali dengan sewa lokasi konter atau lahan kerja yang dibutuhkan adalah sekitar 1 x 1,5 meter persegi. Harga sewa kios berkisar antara 1,5 juta rupiah perbulan, termasuk listrik dan servis fee bila di mall. Walau lokasi itu milik anda sendiri, tetap harus diperhitungkan sebagai biaya.
Bila anda tidak menangani servis sendiri maka, honor tenaga teknisi yang harus dikeluarkan berkisar antara Rp. 700.000,- hingga satu juta rupiah, tergantung keahlian dan pengalamannya. Disamping itu anda juga masih membutuhkan tenaga jaga konter, yang menerima order servis sambil menjual aksesoris, spare part dan lain-lain. Untuk tenaga konter honornya berkisar 500 hingga 700 ribu rupiah perbulan.
Itu dijumlah, akan ketemu  ± 2, 7 juta rupiah hingga 3,2 juta rupiah, merupakan pengeluaran perbulan. Katakanlah omset anda minimal Rp. 5.000.000,- hingga lebih dapat diraih perbulan, dengan perhitungan 4 order servis perhari dengan biaya antara Rp. 50 ribu hingga lebih, tergantung kerusakan, tingkat kesulitan, jenis dan harga sparepart serta waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan servis tersebut. Maka keuntungan yang dapat diraih adalah sekitar 1,8 juta rupiah hingga 2,3 juta rupiah per bulan atau margin 36-46%. Wau, dengan modal investasi awal sebesar sepuluh juta, maka modal anda, akan dapat kembali dalam jangka waktu relatif singkat, yaitu antara 4 hingga 6 bulan saja.
Tentunya untuk mencapai kondisi BEP yang singkat tersebut, anda harus memilih lokasi yang benar-benar strategis dan dari sejak awal berbisnis, anda harus giat melakukan marketing, memperkenalkan jasa layanan konter anda, dan memiliki SDM yang terlatih. Bagi yang telah memulai bisnis voucher dan kartu perdana, maka banyak pelajaran serta pengalaman yang dapat diperoleh, tinggal ditingkatkan saja.
Peralatan dan jenis servis dan dilayani
Beberapa peralatan standar yang harus anda persiapkan dan dimiliki di konter servis anda adalah: Multitester, obeng khusus ponsel lengkap, tang pembuka casing, pinset, power supply, solder filament, BGA tool, lampu kerja neon dan kaca pembesar, kabel roll dengan colokan 3 kaki, serta peralatan pembersih PCB dan komponen. Lengkapi buku-buku diagram jalur untuk informasi tentang jenis Hp yang akan diperbaiki. Selanjutnya beberapa perlengkapan servis hardware yaitu: Solder uap/ Hot air dengan nozelnya, Test box, Pisau IC, Plat cetak, serta bahan-bahan servis seperti cairan IPA, Timah Gulung, Kawat Jumper, Timah pasta dan lain-lain bahan habis pakai.
Bila permodalan anda sudah bertambah, maka seiring dengan pertumbuhan usaha servis ponsel anda, guna meningkatkan efisiensi kerja, anda dapat melengkapi alat Frequency Counter dan alat Oscilloscope. Untuk peralatan servis software, harus anda awali dengan sebuah komputer lengkap, kemudian diinstall program software UFS3 Tornado Box + Kabel + CD  + HWK, Griffin Box II + Kabel +LPT+CD dan MT Box+ Kabel +CD sesuai dengan tingkat kebutuhan. Disarankan agar membeli software yang original, sebab selain legal, semua fungsi dapat dioperasikan dengan baik dan aman.
Bila anda memulai usaha servis maka layanan servis dan reparasi harus bisa menangani: Troubleshooting dan reparasi berbagai ponsel, Matot, No signal, No voice, Not ringing, LCD blank, phone restarted, Insert simcard, simcard rebuild, baterei boros/ drop, Not charging, Keypad No respond/ hang, Security code, phone lock, Contact Service, flashing, upgrade bahasa/ version dan upgrade-downgrade. Selain itu lengkapi sparepart seperti baterai, charger, LCD, IC, Tombol switch on-off, keypad dan lainnya. Semua ini dilatih dan dapat dibeli di LPTTI.  Selamat berbisnis.
Bekerja sama dengan Sudanang Dananjaya (926 53943) penulis buku “Menjadi Kaya dengan Usaha Seluler”pembina LPTTI, dengan motto:”Langsung buka usaha & Langsung Kerja” (www.lptti.com)

Ditulis Oleh : //lptticom // 12.00
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel

Teks